sedikit tentang diet pelangi

Warna-warni sayur dan buah
Ngobrol ngalor ngidul dengan para nutrisionis, ternyata baru tahu bahwa sayuran atau buah secara alami memiliki senyawa kimia atau fitokimia (beberapa nutrisionis menyebutnya fitonutrisi) yang tentu berguna bagi tubuh kita.
Salah satu fitokimia yang bermanfaat itu adalah pigmen atau zat warna. warna buah atau sayur menjadi penanda manfaat tertentu, sebagai misal:
  1. Merah: dihasilkan oleh pigmen antosianin dan juga oleh pigmen dari likopen berfungsi melindungi jaringan kolagen melindungi saraf dari radikal bebas, termasuk mengurangi kemunduran fisik dan metal. antosianin banyak terdapat pada strawberry, tomat, semangka
  2. Photobucket
  3. Jingga: dihasilkan oleh betakaroten yang bermanfaat untuk memperbaiki daya penglihatan, mempercepat pertumbuhan reproduksi sel, mencegah penuaan dan memcegah kanker. betakaroten banyak terdapat pada wortel, jeruk dan limau, bahkan pada jeruk dan limau terdapat limonin yang menghambat kanker payudara.
  4. Kuning; dihasilkan oleh pigmen xanthophylls juga karetinoid pada jagung dan paprika berfungsi menurunkan kolesterol, pada beberapa sayur dan buah bahkan mengandung betakaroten dan flavonoid seperti pada pisang.
  5. Photobucket
  6. Hijau: dihasilkan oleh klorofil yang berguna untuk mendorong terjadinya detoksifikasi atau pembuangan ampas dari metabolisme tubuh serta penenang dan penguat alami otak lewat pemenuhan asam nukleat dan asam amino dalam klorofil berupa pemenuhan protein nabati pada neuropeptida atau saraf otak yang mengolah emosi dan pikiran. klorofil banyak terdapat pada sawi, bayam, brokoli dan sayuran hijau lainnya.
  7. Biru: pigmen phycocyanin yang bertanggung jawab memberi warna biru berefek menenangkan. phycocyanin dan klorofil terdapat pada spirulina.
  8. Ungu: pigmen ungu pada antosianin dan betakaroten bekerja membantu menurunkan kolesterol.
  9. Putih : Buah tanpa pigmen sperti bengkuang atau kecambah (taoge) adalah sumber fitoestrogen yang berguna untuk kualitas hidup yang lebih baik saat senja atau saat menopause.
Pola makan berdasarkan warna diatas sering disebut sebagai diet pelangi
Sedikit catatan : untuk mempoeroleh yang manfaat yang optimal dari fitonutrisi diatas, hendaknya buah dan sayuran tidak diolah dengan suhu tinggi dan hindari penambahan gula.

3 komentar:

    mengapa harus menghindari penambahan gula?

     

    ed, terlalu banyak gula dalam darah juga bisa memicu beragam komplikasi serius, seperti kebutaan, gangguan kaki, masalah ginjal, hingga gangguan emosi. walau gula diperlukan dan sangat penting bagi tubuh sebagai sumber energi, ada baiknya anda membatasi asupan gula, juga karena dalam buah-buahan sudah cukup fruktosa dan glukosa.

     
    On 11/14/2013 4:13 AM teguh said...

    lycopene atau likopen malah bisa dipaki obat kanker prostat loh...

     

Post a Comment

Terimakasih sudah berkomentar