12 April menjadi hari istimewa bagi dunia keantariksaan, Yuri Alexeyevich Gagarin menjadi manusia pertama yang terbang ke angkasa luar pada 12 April 1961 dan pada tanggal 12 April 1981 Columbia terbang ke luar angkasa sekaligus menjadi pertanda dimulainya era pesawat ulang alik luar angkasa (space shuttle). 
Angkasa luar sendiri merujuk pada garis Karman. Ini menandakan batas antara atmosfer Bumi dengan antariksa, berada 100 kilometer di atas permukaan Bumi. Angkasa luar juga didefiniskan sebagai ruang kosong yang tingginya melampaui segala benda angkasa termasuk Bumi. Walau tidak sepenuhnya kosong atau vakum sempurna, tapi masih terdapat partikel berkerapatan rendah, sebagian besar berupa plasma hidrogen, serta radiasi elektromagnetik, medan magnet, dan neutrino. Secara teoritis, itu juga berisi materi gelap dan energi gelap.

Maka inilah yang pertama kali berada di angkasa, baik untuk kosmonot (rusia), astronot/astronaut, spationaut (prancis), taikonaut (china), najmonaut (arab), vyomanaut (india), sissinauti (finlandia), angkasawan (melayu).
Inilah yang pertama di angkasa:
  • Wahana pertama yang mencapai ruang angkasa pertama adalah roket buatan Jerman V-2 (roket senjata A4) yang diluncurkan selama Perang Dunia II. Berdasarkan uji catatan, roket pertama yang mencapai "ruang angkasa " pada peluncuran uji keempat pada tanggal 3 Oktober 1942.
  • Satelit buatan pertama adalah Sputnik 1 diluncurkan oleh Uni Soviet pada 4 Oktober tahun 1957, menggunakan roket R-7 yang paling banyak digunakan untuk rudal balistik antar benua atau ICBM mereka. Sputnik 1 hanya seukuran bola pantai dengan diameter 58 cm beratnya hanya 83,6 kg dengan waktu sekitar 98 menit untuk orbit Bumi pada jalur elips tersebut. Peluncuran ini menandai dimulainya abad ruang angkasa dan ruang perlombaan AS-Uni Soviet untuk mengeksplorasi angkasa dan bumi.
  • Hewan pertama dan sekaligus anjing pertama di ruang angkasa adalah Laika (artinya "tukang menggongong" dalam bahasa Rusia). Dia diluncurkan dalam Sputnik 2 pada tanggal 3 November 1957. Laika bertahan di orbit Bumi selama empat hari. Dia mati di ruang angkasa ketika baterai ke atas kabin terbakar. Sputnik 2 jatuh kembali ke bumi pada tanggal 14 April 1958, terbakar habis saat masuk kembali ke bumi.
  • Monyet pertama di sub-orbital luar angkasa adalah monyet tupai (Simia sciureus) bernama Gordo. Diluncurkan ke ruang angkasa pada 13 Desember 1958, dalam kerucut hidung roket Jupiter US Army-AM 13. Gordo melakukan penerbangan dengan baik, tetapi tenggelam di Samudera Atlantik. Dua monyet berikutnya yang keruang ruang angkasa adalah Abel dan Baker, yang diluncurkan pada 28 Mei 1959 (Jupiter-AM 18). Abel adalah monyet rhesus seberat 3,18 kg dan Baker adalah monyet tupai seberat 311,9 gram. Mereka berdua berhasil diambil setelah penerbangan sub-orbital 300 kilometer selama 16 menit.
    • Orang pertama di berada di ruang angkasa adalah Kolonel Yuri Alexeyevich Gagarin (9 Maret 1934 - 27 Maret 1968). Seorang kosmonot Uni Soviet (sekarang Rusia). Gagarin diujicobakan pada Vostok 1 misi yang diluncurkan pada 12 April 1961. penerbangannya berlangsung 108 menit dan mengorbit bumi sekali. pesawat ruang angkasa yang telah kembali di wilayah Saratov, Uni Soviet. Alan B. Shepard Jr (1923-1998) dari Amerika Serikat menyusul terbang ke ruang angkasa pada tanggal 5 Mei 1961 di Freedom 7, pada sebuah kapsul ruang angkasa Mercury.
    • Perempuan pertama di ruang angkasa adalah Kolonel-Engineer Vladimirovna Valentina Tereshkova (1937- ..). Seorang kosmonot Uni Soviet. Dia berada di misi Vostok 5 yang diluncurkan pada tanggal 16 Juni 1963 mengorbit Bumi 48 kali. Penerbangan itu berlangsung selama 2,95 hari. pesawat ruang angkasanya kembali pada 19 Juni 1963 di Uni Soviet. 
      • Manusia yang pertama berjalan di luar angkasa adalah Aleksei Leonov dengan wahana Voskhod 2 pada 18 Maret 1965, dia melayang sendiri keluar dari Voskhod capsule selama lebih dari 10 menit.
      • Wanita pertama yang berjalan di ruang angkasa adalah kosmonot Uni Soviet Svetlana Yevgenyevna Savitskaya (8 Agustus 1948 - …) yang berjalan di ruang angkasa pada tanggal 17 Juli 1984 berlangsung 3,58 jam. Pesawat angkasanya Soyuz T-12. Savitskaya juga menjadi wanita kedua yang pergi ke luar angkasa (pesawat Soyuz T-7, diluncurkan 19 Agustus 1982) dan wanita pertama yang pergi ke ruang angkasa dua kali (tahun 1982 dan 1984).
        • Orang pertama yang berjalan di bulan adalah Neil Alden Armstrong (1930 - …) Pada Misi NASA Apollo 11 yang lepas landas pada tanggal 16 Juli 1969. Armstrong dan yang kedua adalah Edwin E. (Buzz) Aldrin Jr, mendarat di bulan pada 20 Juli 1969, dalam modul bulan (mendarat di Tranquilitatis Mare), sementara Michael Collins mengorbit bulan dalam kapsul modul perintah. Setelah langkah pertama di bulan, Armstrong berkata, "Satu langkah kecil untuk manusia, satu lompatan raksasa bagi umat manusia." Armstrong dan Aldrin menjelajahi permukaan Bulan selama sekitar 2 jam mengumpulkan sampel batuan dan melakukan eksperimen permukaan bulan.
        • Anak pertama yang lahir dari orangtua yang keduanya pergi ke luar angkasa adalah Elena Andrionovna (sekarang seorang dokter di Rusia) yang lahir pada tahun 1964. Tereshkova (wanita pertama yang masuk ke ruang angkasa) menikah dengan Andrian Nikolayev (kosmonot yang juga terbang ke ruang angkasa).
        • Vladimir Mikhailovich Komarov adalah orang pertama yang tewas dalam wahana antariksa 24 April 1966, yakni Soyuz 1. Selain itu, ia merupakan kosmonaut pertama dari Uni Soviet yang melakukan penerbangan ke angkasa luar lebih dari sekali.
        • 17 Februari 1959, satelit cuaca pertama milik NASA dan Angkatan Laut Amerika Serikat meluncur ke angkasa. Satelit ini bernama Vanguard 2 yang diluncurkan di Cape Cannaveral, Florida. Namun satelit cuaca pertama yang dianggap sukses adalah TIROS-1, diluncurkan oleh NASA pada 1 April 1960. TIROS dioperasikan selama 78 hari dan menjadi jalan bagi satelit cuaca berikutnya yang lebih modern.
        • 13 April 1960, Amerika Serikat meluncurkan satelit Transit 1-B sebagai satelit navigasi dalam segala cuaca yang akurat untuk kapal-kapal laut, kapal selam dan pesawat. Satelit ini diluncurkan dengan roket Thor-Able-Star dari Cape Canaveral, Florida .
        • Stasiun luar angkasa pertama adalah Salyut 1 (juga disebut DOS 1 dan Zarya), diluncurkan pada tanggal 19 April 1971 dari Baikonur di Kazakhstan. Stasiun ini berbentuk silinder ruang kecil Soviet memiliki ruang untuk awak tiga; itu adalah 13,1 meter dan panjang sekitar 4,2 meter. Awak (Vladimir Shatalov, Alexei Yeliseyev dan Nikolai Rukavishnikov) berhasil merapat dengan stasiun ruang angkasa pada tanggal 7 Juni 1971 (mekanisme docking rusak selama proses docking). Mereka tidak bisa masuk ke stasiun ruang angkasa, tetapi menghabiskan 21 hari mengorbit bumi. Kru berikutnya (Georgi Dobrovolski, Vladislav Volkov dan Viktor Patsayev) menghabiskan 24 hari di stasiun, mereka meninggal dalam perjalanan kembali ke bumi (pada tanggal 30 Juni). 
        • Stasiun ruang angkasa militer pertama adalah Salyut 2, Salyut 3, dan Salyut 5, juga dikenal sebagai stasiun Almaz.

        • Space Shuttle atau pesawat ulang alik pertama adalah Columbia, yang diluncurkan pada tanggal 12 April 1981 dari Florida, Amerika Serikat. Pesawat ulang-alik Amerika Serikat adalah: Columbia, Atlantis, Challenger, Discovery, Endeavour dan Enterprise sedang Buran adalah milik Russia.

        • Teleskop luar angkasa pertama adalah teleskop Hubble yang diluncurkan pada 24 April 1990 menggunakan pesawat ulang alik Discovery.
        • Modul stasiun ruang angkasa pertama dapat dirakit di orbit rendah Bumi adalah ISS (The International Space Station) yang diangkut dalam misi STS-88 pada 4 Desember 1998. ISS adalah sebuah sintesis dari beberapa proyek stasiun ruang angkasa yang mencakup Freedom dari Amerika, Soviet / Rusia dengan Mir-2, Columbus dari Eropa dan Kibo milik Jepang.
        • Dennis Tito menjadi turis luar angkasa pertama dari Amerika Serikat yang berwisata ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dan terbang bersama Soyuz. Perjalanan wisata tersebut berlangsung antara tanggal 28 April-6 Mei 2001. Untuk menjalankan misi tersebut, Tito harus membayar sebanyak 20 juta dolar AS.
        • The Challenge adalah film pertama yang diambil di stasiun luar angkasa internasional dengan pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia, Dibintangi oleh aktris Yulia Peresild dan disutradarai oleh Klim Shipenko serta didampingi kosmonaut  berpengalaman Anton Shkaplerov. Sejak 5 Oktober 2021 ketiganya berada di pos luar angkasa selama 12 hari untuk syuting adegan film.
        Secara  keseluruhan Uni Sovyet yang diwariskan ke Rusia mempunyai lebih banyak rekor di angkasa luar dibandingkan dengan negara-negara lain, rekor-rekor pertama Rusia antara lain:
        1. 1957: Diluncurkan rudal balistik pertama : R-7 Semyorka
        2. 1957: Diluncurkam satelit buatan pertama: Sputnik 1
        3. 1957: Hewan pertama memasuki orbit bumi, anjing Laika di Sputnik 2
        4. 1959: Penembakan roket pertama ke orbit bumi sekaligus menjadi benda pertama buatan manusia yang keluar dari orbit bumi : Luna 1
        5. 1959: Dilakukan komunikasi data pertama atau telemetri, dari dan ke angkasa luar : Luna 1.
        6. 1959: Benda buatan manusia pertama yang melintas dekat bulan, benda buatan manusia pertama di orbit bulan adalah Luna 1
        7. 1959: Benturan wahana pertama dengan bulan, Luna 2
        8. 1959: Foto pertama dari sisi balik bulan, Luna 3
        9. 1960: Hewan pertama yang kembali dengan selamat dari orbit bumi, anjing Belka dan Strelka di Sputnik 5.
        10. 1960: Wahana pertama diluncurkan ke Mars : Marsnik 1
        11. 1961: Wahana pertama diluncurkan ke Venus : Venera 1
        12. 1961: Orang pertama di angkasa luar dan memasuki orbit bumi, Yuri Gagarin di Vostok 1 dalam Program Vostok
        13. 1961: Orang pertama yang sehari lebih di angkasa Gherman Titov di Vostok 2
        14. 1962:  Dilakukan penerbangan dan pendekatan pesawat angkasa luar berawak ganda pertama, Vostok 3 dan Vostok 4 berpapasan dengan jarak terdekat 5 km. Amerika melakukannya dengan Gemini 6A/Gemini 7 yang terbang paralel 3 tahun kemudian
        15. 1963: Wanita pertama ke angkasa luar, Valentina Tereshkova di Vostok 6
        16. 1964: Pesawat berawak banyak pertama (3 awak kosmonot): Voskhod 1
        17. 1965: Peluncuran EVA (extra-vehicular activity) pertama oleh Aleksei Leonov: Voskhod 2
        18. 1965: Wahana pertama menghantam planet lain (Venus) : Venera 3
        19. 1966: Wahana pertama yang mendarat dengan lembut dan mengirim data dari permukaan bulan: Luna 9
        20. 1966: Wahana pertama di orbit bulan: Luna 10
        21. 1967: Pertemuan dan pertautan pertama 2 buah wahana tanpa awak di angkasa: Cosmos 186/Cosmos 188. (Hingga 2006, Amerika belum juga berusaha meniru kemampuan ini.)
        22. 1969: Pertautan pertama 2 wahana berawak di angkasa dan dilakukan pertukaran kru, Soyuz 4 dan Soyuz 5
        23. 1970: Benda pertama yang dikirimkan kembali ke bumi dari wahana lain: Luna 16
        24. 1970: Kendaraan darat robot pertama: Lunokhod 1
        25. 1970: Data pertama dari permukaan planet lain (planet Venus): Venera 7
        26. 1971: Stasiun angkasa pertama Salyut 1
        27. 1971: Probe pertama yang mengorbit ke planet lain (di planet Mars), probe pertama yang mencapai Mars : Mars 2
        28. 1975: Probe pertama yang mengorbit ke Venus, Foto pertama tentang permukaan Venus : Venera 9
        29. 1984: Wanita pertama berjalan di angkasa luar: Svetlana Savitskaya (Salyut 7)
        30. 1986: Kru pertama yang mengunjungi 2 stasiun angkasa berbeda (Mir dan Salyut 7)
        31. 1986: Stasiun angkasa pertama yang ditinggali, Mir, yang mengorbit bumi dari 1986 sampai 2001
        32. 1987: Kru pertama yang tinggal setahun lebih di angkasa, Vladimir Titov dan Musa Manarov di dalam TM4-Mir
        Rekor tambahan (terbanyak, terjauh, terlama): 
        • Angkasawan yang menghabiskan waktu terlama di ruang angkasa pada penerbangan tungggal adalah kosmonot Dr Valeri Polyakov Vladimirovich menghabiskan 437,7 hari kapal Soyuz TM-18 (1994 -1995).
        • Kosmonot Sergei Vasilyevich Avdeyev (1956 - ..) telah menghabiskan waktu terpanjang dalam ruang angkasa, ia login 747,6 hari di 3 penerbangan 1991-1999. Di tempat kedua adalah Dr Valeri Polyakov Vladimirovich (678,7 hari di 2 penerbangan). Di tempat ketiga adalah Anatoliy Yakovlevich Solovyov (651,0 hari 5 penerbangan). Di tempat keempat adalah Sergei Konstantiovich Krikalyov (624,4 hari 5 penerbangan).
        • Angkasawan yang menghabiskan waktu paling lama di Space Walks adalah kosmonot Anatoliy Yakovlevich Solovyov (1948 -..) menghabiskan sebagian besar waktu di space walks, 77 jam 41 menit 16 detik di EVA (Extra Vehicular Activities) pada misi Soyuz dan STS 1990-1998.
        • SpaceX milik Elon Musk adalah pemilik rekor dunia untuk pengiriman satelit terbanyak. Hingga Januati 2023, Sebanyak 143 satelit meluncur ke luar angkasa dengan roket SpaceX Falcon.
        • Pesawat ruang angkasa Orion milik Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) adalah pemilik rekor jarak terjauh dari Bumi yakni 268.563 mil (432 ribu kilometer) dari Bumi.
        • Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA secara resmi melewati angka satu miliar detik. Menandai bahwa Hubble adalah teleskop pertama dan terlama di angkasa selama lebih dari tiga dekade.
          Ada yang mau menambahkan?


          #rekorangkasawan #rekorastronot #rekorkosmonot

          foto-foto milik Gettyimages.com
          tulisan terkait :







          3 komentar:

            On 4/14/2011 3:20 PM Сергей mengatakan...

            хорошее...

             
            On 12/17/2012 3:26 PM Anonim mengatakan...

            Tahu nggak apa yang pertama dilakukan diruang angkasa baik olehBadan Antariksa Federal Russia/Badan Penerbangan dan Antariksa Rusia dan NASA tapi tidak dicatat oleh sejarah? siapa hayo yang melakukan adegan sex pertama kali di angkasa?

             
            On 6/01/2017 1:03 PM yoxx mengatakan...

            waduh... rekor astronot/kosmonot yang ***

             

          Posting Komentar

          Terimakasih sudah berkomentar