Didalam suasana berkabut ada suatu atmosfir berbeda dengan kondisi dimana matahari bersinar terik. suasana berbeda dimana alam akan kelihatan lebih redup atau lebih murung (gloomy) untuk ditangkap kamera para fotografer jeli.
kabut (fog) dan asap (haze) akan berlaku seperti sebuah lampu softbox raksasa - lampu softbox adalah lampu di studio foto yang ditutup oleh kain kasa atau kertas putih, lampu ini akan membuat cahaya terang yang keras akan menjadi lembut bila mengenai obyek. 


Namun untuk mendapatkan atmosfir tersebut ada beberapa trik agar hasil foto optimal, diantaranya:
  1. gunakan kecepatan rana rendah, saat berkabut cahaya cenderung agak redup sehingga setting kecepatan rana pada rana rendah yang hasilnya akan menampilkan detail yang lebih baik. 
  2. gunakan tripod, kecepatan rana yang rendah hasil foto akan cenderung terlihat blur. tripod akan membantu banyak agar hasil foto tetap tajam. 
  3. exposure berlebih, kabut akan memantulkan cahaya sehingga sensor kamera selalu menganggap kelebihan cahaya. setting tambahan eksposure (EV) +1 atau lebih. 
  4. komposisi datar, cuaca berkabut mengurangi kontras, membuat foto terlihat datar dan terkesan tanpa kedalaman dimensi. cari obyek dilatar depan untuk menambah saturasi warna dan kontras. 
  5. terlihat murung, cuaca yang berkabut akan membuat suasana terlihat datar dan murung. jadi fokuslah untuk semaksimal mungkin mendapatkan suasana klasik seolah olah berada di alam lain. 
  6. white balance yang aneh, seringkali saat ada kabut temperatur akan turun, suhu yang turun akan membuat white balance menjadi aneh, ubah white balance ke setting berawan/mendung. 7. bila ada semburat cahaya, kadang kala pada saat suasana berkabut ada semburat sinar matahari yang tersorot masuk memebus atau awan atau pepohonan. Bergeserlah dan cari sudut pemotretan terbaik untuk mencari dan menangkap semburat cahaya itu. 
 
selamat berburu foto di area berkabut...
tulisan lainnya :


photo pribadi dan milik gettyimages.com

2 komentar:

    On 1/16/2017 1:46 PM Anonim mengatakan...

    foto anda sangat bagus pak...

     
    On 8/02/2018 2:13 PM andreas mengatakan...

    tolong gan, tulis juga utk cara foto pakai hp android agar bisa terlihat bagus seperti foto kamera.
    solder uap

     

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkomentar